..Selamat membuka blog ini Mas Anas Nurul Yaqin Merakurak Tuban...

Jumat, 11 Juli 2008

Bapak Ir. Zainal Sudjais pendiri Azolla Centre

Bapak Ir. Zaenal Soejais Sang Ketua Mapporina mendirikan Azolla Centre di Cikampek. Beliau ingin menebus kesalahan masa lalu karena telah merusak lahan dan sawah dengan pupuk Urea, pada saat beliau menjadi Direktur PT. PUSRI, PT. PKT, dll.

Sawah-sawah di Kecamatan Kayan Nunukan Kaltim ini tidak pernah tersentuh pupuk kimia. Dengan kearifan lokal dibuat suatu konvensi untuk tidak menggunakan kimia di sawah ini. Pure Organic ! 100 % Organic!


Bertemu dengan Bapak Umar Saputra, Sang penemu Nutrisi Saputra di Ruang Kerja beliau di Bogor. Pertanian memang harus maju dan dapat mensejahterakan para petaninya. Kami sangat setuju Pak!


Tamu dari Negeri Brunei Darussalam, yaitu Bapak H. Datuk Awang Damid. Beliau adalah pengusaha besar di negerinya. Obsesi beliau adalah bekerja sama dengan Indonesia di perbatasan dalam bidang pertanian, sehingga keamanan pangan di Brunei bisa didukung dari negeri tetangga. Nunukan adalah daerah Indonesia yang terdekat. Kalau dibangun jalan sepanjang perbatasan, aksesnya sekitar 8 jam, ya seperti naik bus dari Surabaya ke Jogjakarta.


Panen padi di Krayan. Dengan mengembangkan Azolla di sawah-sawah ini produksi padi meningkat, meskipun tanpa pemupukan kimia. Selain itu petani juga menikmati hasil panen ikan dan itik.


Penulis: Muhammad Fauzi (JakataMiol)

Pupuk organik Azolla mampu meningkatkan produksi padi hingga sembilan ton per hektare. Padahal umumnya dengan pupuk anorganik (buatan) hanya enam ton per hektare. Demikian diungkapkan mantan Direktur Pupuk Sriwijaya Zaenal Sudjais, peneliti dan pengguna azolla Sudiono dan Ketua Badan Pertimbangan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Siswono Yudo Husodo, di Jakarta, Selasa (8/8).




Sudjais mengatakan, dua tahun sebelum pensiun dari Pupuk Pusri, dia menyadari banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan pupuk anorganik. Penggunaan pupuk buatan secara terus menerus mengakibatkan kandungan organik tanah (humus) menurun drastis. Akibatnya kemampuan tanah untuk mendukung ketersediaan air, hara dan kehidupan biota cenderung menurun.



"Ibaratnya tanah pertanian kita selama lebih 30 tahun ini dalam kondisi lapar dan lelah, meskipun penggunaan pupuk anorganik ditingkatkan. Azolla mampu merevitalisasi tanah karena tanaman tersebut merupakan unsur nitrogen yang dibutuhkan tanaman, khususnya padi," kata Sudjais.Azolla merupakan tanaman paku air yang tersebar di daerah tropik dan subtropik. Azolla mengandung N (nitrogen) sekitar 4%-5% dan tanaman ini mampu menimbun N sebanyak 25-30 kg N per hektare selama 30 hari.



Beberapa negara di Asia telah menggunakan azolla sebagai pupuk biologi. Antara lain, China, Srilanka dan Thailand.Sementara itu Sudiono mengungkapkan mengetahui azolla sejak 1991 dari berbagai bacaan. Awalnya dia hanya menjadikan azolla sebagai pupuk organik namun, seiring perkembangan ternyata azolla juga bisa untuk pakan ternak (itik, dan babi).



"Selama menggunakan pupuk azolla hasil panen padi meningkat. Satu hektare dengan penggunaan 2 kuintal azolla mampu menghasilkan sembilan ton padi. Padahal pupuk buatan maksimal enam ton saja," kata Sudiono yang mantan penyuluh pertanian di Kabupaten Malang ini.



Di mata Sisiwono, sebenarnya International Rice Reseach Institute (IRRI) sejak 1972 telah melakukan penelitian terhadap azolla. Tapi anehnya hasilnya tidak pernah dipublikasikan atau dimasyarakatkan.Hal ini disebabkan karena azolla merupakan sumber nitrogen di tanah persawahan yang menjadi pesaing besar bagi pupuk nitrogen buatan. Padahal secara ekonomis, azolla lebih menguntungkan dibanding pupuk nitrogen buatan.



"Azolla mudah dibudidayakan dan murah sehingga ketergantungan terhadap pupuk buatan bisa dihilangkan. Ini menguntungkan petani dan pemerintah sebab gas (bahan baku pupuk buatan) bisa diekspor maksimal," imbuh Siswono.

13 komentar:

ungki mengatakan...

maaf pak,setahu saya p sudiono bukan penyuluh pertanian,tp peneliti azolla sejak tahun 1990-an dan pendiri azolla center di malang.

hendrik mengatakan...

Saya baru dalam budidaya ikan...dimana saya bisa mendapatkan bibit azolla di Medan-Sumatera Utara? .Mohon email ke hendrik.hutabarat@yahoo.com . Terimakasih.

Anonim mengatakan...

bagus nich informasinya ... dimana saya bisa memperoleh bibit azolla ... saya berdomisili di tebing-tinggi sumatera utara ... suwipin_777@yahoo.com

Anonim mengatakan...

teoris: Pak saya ingin membeli bibit azollanya! saya tinggal di bengkulu selatan! apakah bibitnya bisa di kirim, karena di disini belum ada yang memanfaatkan azolla tersebut! kalau bisa, tolong beritahu cara untuk memesan azollanya? informasinya mohon kirim ke email saya: teorismanalu724@gmail.com

Anonim mengatakan...

permisi pak saya sangat membutuhkan tanaman azolla myrophylla guna penelitian skripsi saya tentang pengaruh penambahan tanaman azolla terhadap penurunan kadar cod dan fosfat limbah cair loundry.
posisi saya di jogja pak!namn sya blm menemukan yg jual/budidaya disini klo ada info atau bersedia mengirimkan ke jogja dgn biaya yg akan saya tanggung sya bersedia pak!!mhn konfirmasi ke muhtadinadin@rocketmail.com atau cp 085239782870..mhn bgt

Anonim mengatakan...

permisi pak saya sangat membutuhkan tanaman azolla myrophylla guna penelitian skripsi saya tentang pengaruh penambahan tanaman azolla terhadap penurunan kadar cod dan fosfat limbah cair loundry.
posisi saya di jogja pak!namn sya blm menemukan yg jual/budidaya disini klo ada info atau bersedia mengirimkan ke jogja dgn biaya yg akan saya tanggung sya bersedia pak!!mhn konfirmasi ke muhtadinadin@rocketmail.com atau cp 085239782870..mhn bgt

Bibit Azolla Gambiran mengatakan...

bagi yg membutuhkan bibit azolla, insyaallah kami bs bantu.. hub. o857 1790 7467, 0823 3234 8282

Bibit Azolla Medan mengatakan...

Saya menyediakan bibit azolla microphylla. Bibit azolla microphylla ada di Medan dan saya siap kirim ke luar kota via bus ataupun melalui titipan kilat. Mari kita galakkan penggunaan azolla sebagai pupuk hidup dan organik di persawahan dan sebagai pakan ternak organik.
Untuk pemesanan bibit 082163282859
http://bibitazolla.blogspot.com/p/pemesanan-bibit-azolla-microphylla.html

Unknown mengatakan...

Kami pembudidaya dan penjual bibit azolla,melayani pemesan dari seluruh kota di indonesia.kami mnjual bibit azolla kualitas terbaik,harga 25ribu order 4 pack gratis 1pack.garansi keamanan pengiriman untuk pemesanan dari daerah JABODETABEK.
Info dan order by phone/sms/WA (085264608009)
Bbm pin 7487E3F7

Unknown mengatakan...

Trims info ttg kegunaan Azolla.Mohon kpd ahlinya diberi petunjuk cara memupuk tanaman hias , buah2an dg Azzola. Salam sukses buat kita semua.

Unknown mengatakan...

Azolla center dimana ya pak

Rasyaa Alfaridzy mengatakan...

Saya sangat suka dengan artikel ini. Kunjungi website saya di Lescazia

Kemela Gus mengatakan...

Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? @ PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

Hubungi KEMELA GUS LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrida.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
Pinjaman Hutang.
Pinjaman Rumah.
Pinjaman hipotek
Auto laons.
Pinjaman mahasiswa.
Pinjaman gaji.
Pinjaman Islam.
Pinjaman pertanian.
Pinjaman gereja.

PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS
Email: kemelagusloancompany@gmail.com
WhatsApp hanya +1 (740) 280-2389.
Instagram: Kemela Gus