..Selamat untuk anakku Alifia Qurata Ayun wisuda Sarjana Farmasi.

Jumat, 11 Juli 2008

Manfaat Tanaman Azolla

Foto 1. Azolla microphylla di kolam dipanen dengan serok. Azolla basah dan kering.
Azolla basah disukai oleh ikan, itik, maupun ternak besar seperti kambing, sapi, dll. Azolla kering bisa dicampurkan dalam pembuatan pakan ternak untuk menambah nilai gizi, terutama protein.
Foto 2. Kolam Azolla ini ada di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). UMM mengembangkan Azolla di kolam-kolam percobaannya untuk bahan penelitian para dosen dan mahasiswa. Jenis Azolla yang diteliti yaitu Azolla microphylla

Foto 3. Kamaruddin, Sang PPL THL Deptan di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur sedang mengamati Azolla microphylla yang sudah cukup berkembang di sawah-sawah sejak tahun 2007 yang lalu. Dengan Azolla kesuburan sawah dapat ditingkatkan, petani tidak perlu lagi mendatangkan pupuk Urea dan lainnya, ikan yang ada di sawah juga akan berkembang biak dan tumbuh pesat, serta itik yang dilepas di sawah mendapatkan sumber makanannya yang melimpah, yaitu Azolla microphylla. Begitu ujarnya.


Foto 4. Bapak Ir. Syarifuddin MSi, Dosen UMM ini sangat getol meneliti Azolla microphylla. Dengan kebaikan hati beliaulah bibit Azolla microphylla bisa sampai dan berkembang di Nunukan Kalimantan Timur. Terima kasih Bapak!!

Foto 5. Kolam ini dibersihkan dari ikan untuk secara khusus ditanami Azolla microphylla. Menurut hitungan Ir. Dian Kusumanto kolam Azolla seluas 1 hektar jika produksinya optimal dapat memberi pakan pada sekitar 2000 ekor itik setiap hari.

Tulisan di bawah ini adalah buah pikiran Saudara Agus Rochdianto. Beliau sangat memperhatikan Azolla.


oleh : Agus Rochdianto



Meski sudah diperkenalkan dan dipopulerkan sejak awal tahun 1990-an, ternyata belum banyak petani yang memanfaatkan tanaman azolla (Azolla pinnata) untuk usaha taninya. Padahal manfaat tanaman air yang satu cukup banyak. Selain bisa untuk pupuk dan media tanaman hias, azolla juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dan ikan.
Di Bali, azolla biasa dan sering dijumpai terapung di perairan sawah dan kolam ikan. Karena dianggap gulma, para petani lantas menyingkirkannya. Ditumpuk dan dibuang begitu saja. Padahal, bila dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman padi di sawah, azolla ini bisa menekan penggunaan pupuk urea sampai 65 Kg/ha.

Pengganti Urea

Pemanfaatan azolla sebagai pupuk ini memang memungkinkan. Pasalnya, bila dihitung dari berat keringnya dalam bentuk kompos (azolla kering) mengandung unsur Nitrogen (N) 3 - 5 persen, Phosphor (P) 0,5 - 0,9 persen dan Kalium (K) 2 - 4,5 persen. Sedangkan hara mikronya berupa Calsium (Ca) 0,4 - 1 persen, Magnesium (Mg) 0,5 - 0,6 persen, Ferum (Fe) 0,06 - 0,26 persen dan Mangaan (Mn) 0,11 - 0,16 persen.
Berdasarkan komposisi kimia tersebut, bila digunakan untuk pupuk mempertahankan kesuburan tanah, setiap hektar areal memerlukan azolla sejumlah 20 ton dalam bentuk segar, atau 6-7 ton berupa kompos (kadar air 15 persen) atau sekitar 1 ton dalam keadaan kering. Bila azolla diberikan secara rutin setiap musim tanam, maka suatu saat tanah itu tidak memerlukan pupuk buatan lagi.

Hal itu dimungkinkan, karena pada penebaran pertama 1/4 bagian unsur yang dikandung azolla langsung dimanfaatkan oleh tanah. Seperempat bagian ini, setara dengan 65 Kg pupuk Urea. Pada musim tanam ke-2 dan ke-3, azolla mensubstitusikan 1/4 - 1/3 dosis pemupukan.
Dibanding pupuk buatan, azolla memang lebih ramah lingkungan. Cara kerjanya juga istimewa, karena azolla mampu mengikat Nitrogen langsung dari udara.
Untuk media tanam

Penggunaan sebagai pupuk, selain dalam bentuk segar, bisa juga dalam bentuk kering dan kompos. Dalam bentuk kompos ini, azolla juga baik untuk media tanam aneka jenis tanaman hias mulai dari bonsai, suplir, kaktus sampai mawar. Untuk media tanaman hias, selain digunakan secara langsung, kompos azolla ini juga bisa dengan pasir dan tanah kebun dengan perbandingan 3 : 1 : 1.

Untuk membuat kompos azolla, caranya cukup mudah. Buat saja lubang ukuran (P x L x D) 3 x 2 x 2 meter. Kemudian azolla segar dimasukkan ke dalam lubang. Seminggu kemudian azolla dibongkar. Untuk mengurangi kadar air menjadi 15 persen, azolla yang sudah terfermentasi tersebut lantas dijemur. Setelah agak kering, baru dikemas dalam kantong plastik atau langsung digunakan sebagai media tanam.

Pakan ternak dan ikan

Selain untuk pupuk dan media tanam, azolla juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, khususnya itik dan beragam jenis ikan omnivora dan herbivora. Sebagai pakan ternak, kandungan gizi azolla cukup menjanjikan. Kandungan protein misalnya, mencapai 31,25 persen, lemak 7,5 persen, karbohidrat 6,5 persen, gula terlarut 3,5 persen dan serat kasar 13 persen.
Bila digunakan untuk pakan itik, penggunaan azolla segar yang masih muda (umur 2 - 3 minggu) dicampur dengan ransum pakan itik. Berdasarkan hasil penelitian, campuran azolla 15 persen ke dalam ransum ini, terbukti tidak berpengaruh buruk pada itik. Maksudnya, itik tetap menyantap pakan campuran azolla ini dengan lahapnya. Produksi telur, berat telur dan konversi pakan juga tetap normal. Ini bearti penggunaan azolla bisa menekan 15 persen biaya pembelian pakan itik. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan peternak karena bisa mengurangi biaya pembelian pakan itik.

Sama seperti untuk itik, bila akan dimanfaatkan untuk pakan ikan, azolla bisa diberikan secara langsung dalam keadaan segar. Boleh juga dengan mengolahnya terlebih dulu menjadi tepung. Tepung azolla ini, selanjutnya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat pakan buatan (pelet) untuk ikan.

Berdasarkan kaji terap di lapangan, dalam keadaan segar azolla bisa diberikan untuk pakan ikan gurami, tawes, nila dan karper. Dengan pemberian pakan berupa azolla, terbukti ikan tetap bisa tumbuh pesat. Tak kalah dengan ikan lainnya yang diberi pakan buatan berupa pelet.Di saat harga pupuk, pakan ternak dan ikan mahal seperti belakangan ini, tak ada salahnya bila azolla ini menjadi salah satu alternatif pilihan yang secara finansial cukup menguntungkan. Baik digunakan sendiri secara langsung atau untuk dibisniskan. Mau coba ? (gus)

39 komentar:

Ray Santos mengatakan...

Hello Bpk Dian,
Interesting info....
Is it possible to aplly in cocoa farms?

Thanks :)
Ray Santos
email: nagacocoa@yahoo.com

SAWAH KITA ORGANIK mengatakan...

tertarik sekali dengan tulisan mengenai tanaman azolla ini, namun bagi saya di kota sukabumi, jawa barat, dimanakah saya dapat memperoleh bibit azolla??

terima ksh infomya

randz mengatakan...

Hallo Bpk Dian,
Saya mahasiswa ilmu pangan diSemarang..
Saya sangat tertarik dengan tulisan bapak tentang azolla, untuk membudidayakan tanaman ini.. Dimanakah saya bisa mendapat bibit azolla? Kalau diijinkan, bolehkah kalau ada waktu saya berbagi wacana dengan bapak?

Terima kasih pak
Randy
randy_wijaya_cool@yahoo.co.id

Berman mengatakan...

Salam kenal Bpk Dian,

Saya sangat tertarik dengan tulisan ini. Saya mau melakukan penelitian tentang kompos Azolla. Kalau bisa saya tau adakah pupuk kompos ini dijual langsung tanpa proses pembuatannya, agar tidak terlalu lama penelitiannya?

Terima kasih pak

Gold-azoLLa mengatakan...

butuh bibit? http://gold-azolla.blogspot.com

Sugiana mengatakan...

Bagaimana kami dapat memperoleh bibit Azolla yang dikembangkan ini? Di mana kami dapat memperolehnya?
Trima kasih sebelumnya.

riyana sofyan mengatakan...

Ass. Pak,
Saya mau beli bibit azolla. Ini no. Telp. saya 0813 149 45678

Akhilesh kumar mengatakan...

First of all thanx for nice article.I am Akhilesh an agriculture graduate and at present persuing master in Social Entrepreneurship at Tata Institute of Social Sciences,Mumbai.
I have also done three month pilot project successfully on "azolla as cattle feed" in village Milki, Post-Paliganj,district Patna,Bihar,India. Now this small technology is the boon of dairy and poutry farmer. By adpting this azolla as cattle feed farmers save the cost of feed and also increse the quantity and quality of Milk and eggs also.


if any more information then please write to me :
akhilesh.tiss@gmail.com

hendrik.hutabarat@yahoo.com mengatakan...

Salam kenal pak, saya hendrik di medan-sumatera utara-indonesia, saya ingin tahu, dimanakah alamat penjual azolla di medan ? bagi yang tahu, mohon di informasikan ke emal : hendrik.hutabarat@yahoo.com atau sms ke hp no. +6285262020304 terima kasih.

INFOKU mengatakan...

dmn saya bisa beli bibit azollanya pak ?

qii romadhoni mengatakan...

asalamualaikum...
sya ingn bertanya, bagaimana bila azzola dengan jumlah tertentu ditambahkan kedalam makanan yg dikonsumsi manusia. apa efeknya...?
karna sya lihat bahwa azzola mengandung mengandung unsur Phosphor, serta Calsium dan Magnesium walaupun dalam jumlah sedikit....!

Anonim mengatakan...

mengapa azolla pinnata sangat berguna sebagai pupuk organik ??

Sang Pengembara mengatakan...

saya agak ragu dengan nama spesiesnya. setahu saya jenis azolla yang ada di gambar seperti diatas itu adalah a.pinnata, bukan Azolla microphylla...
maaf kalo saya salah mohon koreksinya.

hendra echa mengatakan...

numpang tanya gan. apakah smua azolla yg ada diatas perairan sawah khasiatnya sama..?soalnya saya bingung melihat photo yg ada sama survey sendiri dilapangan sepertinya bentuk pisiknya berbeda.trimakasih

Anonim mengatakan...

saya juga punya pertanyaan yg sama dgn saudara hendra echa,mohon jawabannya pak..

Anonim mengatakan...

apakah tanaman ini yang hidup dirawa-rawa?

Bibit Azolla Microphylla mengatakan...

Saya di Medan menyediakan bibit azolla microphylla untuk didistribusikan ke seluruh daerah nusantara. Saat ini saya mengembangkan azolla microphylla di kolam tanah dengan ukuran 3 x 10 sebanyak 4 kolam. Bagi yang butuh bibit azolla microphylla bisa mengunjungi http://bibitazolla.blogspot.com/

Bibit Azolla Gambiran mengatakan...

bagi yg membutuhkan bibit azolla, insyaallah kami bs bantu.. hub. o857 1790 7467, 0823 3234 8282

Tuban Kita mengatakan...

Pak, kira-kira di indonesia apa di perjual belikan?...

udin xander mengatakan...

PAK, bagaimana cara pembuatan tepung azolla,..?
jika seandainya di jemur kering,apakah nilai proteinya berkurang., & bagaimana cara pengolahannya yang benar.
trmkasih.

Aliananta mengatakan...

Buat yang butuh AZOLLA/BIBIT AZOLLA di Semarang. Silahkan hubungi nomer 085 727 85 6644..

abdul ghofur mengatakan...

azolla microphylla...pakan alami berprotein tinggi untuk lele dan binatang ternak lainya,juga berguna sebagai pupuk tanaman.bagi anda yang membutuhkan azolla,kami menyediakan bibit azolla, hub 085264608009.

doel ghofoer mengatakan...

http://www.kaskus.co.id/profile/viewallposts/1825155

Anonim mengatakan...

Untuk daerah Samarinda bisa beli bibit di mana?

Le_Dave mengatakan...

JUAL BIBIT AZOLLA 500 20rb belum ongkir.. Jawa timur Madiun, siap seluruh Indonesia, 08993348711
Harga siap nego untuk pembelian khusus...

Ade Indra mengatakan...

Untuk pembelian tanaman azolla secara online anda dapat mengunjungi website kami www.kebunbibit.com

petabisnisriau mengatakan...

BAGI YANG BUTUH AZZOLLA BS HUB SY 085330005930 atau klik www.mahakam.biz

Le_Dave mengatakan...

SEDIA AZOLLA,
Sebagai pakan ternak alternatif juga pupuk untuk sawah dan ladang...
Harga = Rp. 20.000 per paket(belum Bea Kirim)
Siap KIRIM SELURUH INDONESIA dan siap COD daerah MADIUN dan SEKITARNYA...
Minat serius? HUB 08993348711
Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

syanur mengatakan...

Penemuan yg luar biasa, azolla mudah dibudidayakan serta ramah lingkungan. Sukses utk para petani Dan peternak Indonesia.

Edli tri harnova mengatakan...

Bagaimana melakukan ekspor? Apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan
sebelum melakukan ekspor? Barang apa saja yang dilarang ekspornya? Bagaimana
dengan barang yang diawasi ekspornya? Semua pertanyaan ini dan berbagai
pertanyaan lainnya terjawab dengan tuntas dalam ebook bermutu ini. Sangat
penting sebagai pegangan bagi Anda yang ingin mencoba memulai ekspor.

Dapatkan di sini: http://agrodirektori.com/?id=edlith

Atak Lingga mengatakan...

siapa yg mau azolla atau kiambang saya ada stok ratusan ton,,serius hub 085363422666

Bibit Azolla Medan mengatakan...

Saya menyediakan bibit azolla microphylla untuk diperbanyak. Untuk pemesanan silakan hub 082163282859. Bibit berada di Medan dan kami siap kirim ke luar kota via bus ataupun titipan kilat.
http://bibitazolla.blogspot.com/p/pemesanan-bibit-azolla-microphylla.html

indra aryadi mengatakan...

terimakasih infonya pak
saya sebagai mahasiswa mau berwirausaha untuk membantu kebutuhan kuliah saya,saya mempunyai lahan untuk budi daya,apakah azolla yg ada d sawah petani bisa d jadikan bibit untuk azolla yang akan saya budidayakan?
terimakasih

ackirsite mengatakan...

beli azoola di surabaya dmn ? butuh untuk pembibitan.. no hp saya 081234512913

Latif Risyda mengatakan...

jual bibit azzola untuk tmbh uang makan kuliah
085853910608

Latif Risyda mengatakan...

jual bibit azzola ayo dbeli
harga 45rb
bwt tmbh uang jajan kuliah
085853910608

Latif Risyda mengatakan...

jual bibit azzola 085853910608

Le_Dave mengatakan...

SEDIA AZOLLA,
Sebagai pakan ternak alternatif juga pupuk untuk sawah dan ladang...
Harga = Rp. 25.000 per paket(belum Bea Kirim)
Siap KIRIM SELURUH INDONESIA dan siap COD daerah Sidoarjo-Surabaya dan SEKITARNYA...
Minat serius? HUB 08993348711
Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

Anonim mengatakan...

Jual Bibit Azolla Murah, Perkilogram Hanya 25.000 Rupiah. Siap Kirim Se Indonesia Via JNE. Call/ SMS ke 081272221208.