..Selamat membuka blog ini Mas Anas Nurul Yaqin Merakurak Tuban...

Senin, 16 April 2012

Tanaman Air Azolla Dijadikan Pengganti Urea

image

















Contoh bibit tanaman paku air mini jenis Azolla ini, diwadah dalam botol air. Ini sengaja dibawa Subandi (tengah) untuk dijadikan bahan propaganda kepada para Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Purworejo Kecamatan Wonogiri Kota. (SM CyberNews/ Bambang)



Tanaman Air Azolla Dijadikan Pengganti Urea


Wonogiri, CyberNews. Setelah berhasil membuat pupuk organik dan pakan ternak dari limbah produk pertanian, Asosiasi Petani Organik (APO) Kabupaten Wonogiri, kini melakukan eksperimen baru pembudidayaan tanaman air jenis Azolla. Fungsinya untuk dijadikan bahan pupuk organik pengganti urea.

Pasalnya, tanaman air Azolla ini memiliki kandungan zat nitrogen (N) yang tinggi, yang mampu menyuburkan tanaman layaknya pada fungsi pupuk kimia jenis urea. Anggota APO Kabupaten Wonogiri, Subandi Pr SPd, mengatakan, tanaman Azolla oleh para petani pedesaan sering dinamakan tumbuhan kambangan air, atau tumbuhan ganggang air atau mripat iwak (mata ikan).

Dinamakan kambangan, karena tanaman air ini berposisi selalu mengambang di permukaan air. Utamanya di lahan persawahan petani, kolam, selokan atau genangan air yang tak kunjung kering. Disebut sebagai tanaman air 'mata iwak' karena daunnya ada gurat-gurat seperti mata ikan. ''Ini termasuk tumbuhan liar yang hidupnya memerlukan media air,'' ujar Subandi yang juga Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng ini.

Azolla merupakan tanaman paku air ukuran mini, sekitar 3 sampai 4 sentimeter yang bersimboosis dengan Cynobactena penafiksasi N2, dan menyebabkan Azolla punya kualitas nutrisi yang baik. Azolla basah, disukai ikan, itik dan ternak besar seperti kambing, sapi atau kerbau. Azolla kering, dapat dijadikan bahan untuk pembuatan pakan ternak organik.

Orok-orok

Di daratan China dan Vietnam, Azolla dijadikan sumber N untuk menyuburkan tanaman padi di sawah. Sebagai jenis tanaman paku air, Azolla berkembang di benua Asia, Amerika maupun di Eropa. Tanaman air ini berguna untuk pengganti urea, menekan tumbuhan gulma di sawah, juga dapat dijadikan tanaman hias dan tanaman pengontrol nyamuk. Kandungan zat N-nya mencapai 1,96 sampai 5,30 persen.

Tanaman Azolla dibiarkan tumbuh menyubur di lahan sawah yang akan diolah. Saat dilakukan pembajakan sawah, tanaman Azolla akan terbalik tertimbun tanah. Fungsinya sebagai pupuk pengganti tanaman 'orok-orok' yang dulu banyak dimanfaatkan para petani untuk penyubur sawah.

Kata Subandi, pada persawahan yang sebelumnya ditanami Azolla, maka kebutuhan zat N untuk tanaman padi yang biasa mengandalkan pupuk urea, dapat digantikan oleh Azolla. ''Sehingga petani tidak perlu membeli pupuk urea lagi, tapi cukup menggantinya dengan tanaman Azolla,'' tutur Subandi. Eksperimen pemanfaatan Azolla di Kabupaten Wonogiri ini, mendapatkan bimbingan teknis secara langsung dari para peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Pada lahan tanaman padi sawah seluas 1.000 meter persegi, yang biasanya memerlukan paling tidak 50 Kg urea, kiranya dapat digantikan cukup hanya memakai 5 Kg saja. Sebab kebutuhan zat N untuk tanaman padi, dapat digantikan dengan Azolla. Pembidayaan Azolla ternyata cukup mudah dilakukan.

''Ini saya coba membudidayakan di kolam ukuran 2 x 3 meter. Hasilnya cukup baik, tanaman Azolla cepat berkembang memenuhi permukaan air,'' kata Subandi. Eksperimen di Kabupaten Wonogiri ini, merupakan yang pertama di Provinsi Jateng.(Bambang Pur)

( Bambang Purnomo / CN15 / JBSM )

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/03/24/81051

3 komentar:

Bibit Azolla Gambiran mengatakan...

bagi yg membutuhkan bibit azolla, insyaallah kami bs bantu.. hub. o857 1790 7467, 0823 3234 8282

Bibit Azolla Microphylla Medan mengatakan...

Kami menyediakan bibit azolla microphylla dalam bentuk segar untuk dikembangkan secara vegetatif dan juga tersedia dalam bentuk kering yang mengandung spora yang banyak untuk dikembangkan secara generatif.Hub. 082163282859
Info Cara Budidaya Azolla Microphylla

Unknown mengatakan...

Kami pembudidaya dan penjual bibit azolla,melayani pemesan dari seluruh kota di indonesia.kami mnjual bibit azolla kualitas terbaik,harga 25ribu order 4 pack gratis 1pack.garansi keamanan pengiriman untuk pemesanan dari daerah JABODETABEK.
Info dan order by phone/sms/WA (085264608009)
Bbm pin 7487E3F7