..Selamat membuka blog ini Mas Anas Nurul Yaqin Merakurak Tuban...

Rabu, 09 Mei 2012

Dongkrak Hara dengan Azolla

Azolla dongkrak hara tanah

 

 

 

 

 

 

 

 


Azolla terbukti meningkatkan produksi padi karena mampu menghasilkan nitrogen yang diperlukan tanaman. Tumbuhan air itu mengumpulkan 2-4 kg nitrogen/ha/hari, setara 10-20 kg amonium sulfat. Kemampuan itu karena peran ganggang  biru Anabaena azollae. Melalui hubungan saling menguntungkan, azolla menghasilkan nutrisi dan rongga daun untuk berlindung bakteri, sedangkan si bakteri mengikat nitrogen untuk tanamannya. Dalam kondisi menguntungkan, populasi azolla berlipat ganda dalam 3—5 hari. Nitrogen terikat jauh lebih banyak dibandingkan tanaman anggota famili Leguminosae alias kacang-kacangan.

Pemakaian azolla di berbagai negara terbukti menaikkan produktivitas padi 10—30%. Makanya petani di Cina dan Vietnam puluhan abad memanfaatkannya. Orang Vietnam memanfaatkan azolla sebagai pabrik pupuk nitrogen yang tidak bisa rusak. Saat perang Vietnam berkecamuk, azolla tetap diproduksi secara alami. Terbukti, meski dalam kondisi terimpit, Vietnam tetap mampu mengeskpor beras. Penggunaan azolla dapat mengurangi ketergantungan terhadap pupuk buatan, yang pemanfaatannya dalam jangka panjang kurang menguntungkan bagi kesehatan manusia dan menurunkan sifat granulasi tanah.

Azolla sebenarnya gampang dibudidayakan. Siapkan sebidang tanah berukuran 100 m2 untuk persemaian. Sebaiknya tanah itu dibuat seperti sawah yang tentu saja sudah dicangkul dan diairi setinggi 5—7 cm. Masukkan sekitar 7 kg azolla ke kolam. Agar pertumbuhan lebih cepat, taburkan pupuk kandang saat persiapan kolam. Dalam tempo seminggu, permukaan air sudah tertutupi azolla.

Sumber :  http://www.trubus-online.co.id/index.php/component/osemsc/templates/index.php?option=com_content&view=article&id=5583:dongkrak-hara-dengan-azolla&catid=146:blog&Itemid=687

3 komentar:

Unknown mengatakan...

kami menyediakan bibit Azolla microphylla hub(085264608009)

Bibit Azolla Medan mengatakan...

Menyediakan bibit azolla microphylla. Untuk pemesanan bibit azolla microphylla silakan hubungi nomo 082163282859.
Bibit azolla microphylla kami berada di Medan dan bisa dikirim keluar kota dengan bus ataupun tiki.

Batu mengatakan...

Azzola tanamannya kecil, manfaatnya besar.