..Selamat membuka blog ini Mas Anas Nurul Yaqin Merakurak Tuban...

Jumat, 11 Juli 2008

Manfaat Tanaman Azolla

Foto 1. Azolla microphylla di kolam dipanen dengan serok. Azolla basah dan kering.
Azolla basah disukai oleh ikan, itik, maupun ternak besar seperti kambing, sapi, dll. Azolla kering bisa dicampurkan dalam pembuatan pakan ternak untuk menambah nilai gizi, terutama protein.
Foto 2. Kolam Azolla ini ada di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). UMM mengembangkan Azolla di kolam-kolam percobaannya untuk bahan penelitian para dosen dan mahasiswa. Jenis Azolla yang diteliti yaitu Azolla microphylla

Foto 3. Kamaruddin, Sang PPL THL Deptan di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur sedang mengamati Azolla microphylla yang sudah cukup berkembang di sawah-sawah sejak tahun 2007 yang lalu. Dengan Azolla kesuburan sawah dapat ditingkatkan, petani tidak perlu lagi mendatangkan pupuk Urea dan lainnya, ikan yang ada di sawah juga akan berkembang biak dan tumbuh pesat, serta itik yang dilepas di sawah mendapatkan sumber makanannya yang melimpah, yaitu Azolla microphylla. Begitu ujarnya.


Foto 4. Bapak Ir. Syarifuddin MSi, Dosen UMM ini sangat getol meneliti Azolla microphylla. Dengan kebaikan hati beliaulah bibit Azolla microphylla bisa sampai dan berkembang di Nunukan Kalimantan Timur. Terima kasih Bapak!!

Foto 5. Kolam ini dibersihkan dari ikan untuk secara khusus ditanami Azolla microphylla. Menurut hitungan Ir. Dian Kusumanto kolam Azolla seluas 1 hektar jika produksinya optimal dapat memberi pakan pada sekitar 2000 ekor itik setiap hari.

Tulisan di bawah ini adalah buah pikiran Saudara Agus Rochdianto. Beliau sangat memperhatikan Azolla.


oleh : Agus Rochdianto



Meski sudah diperkenalkan dan dipopulerkan sejak awal tahun 1990-an, ternyata belum banyak petani yang memanfaatkan tanaman azolla (Azolla pinnata) untuk usaha taninya. Padahal manfaat tanaman air yang satu cukup banyak. Selain bisa untuk pupuk dan media tanaman hias, azolla juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dan ikan.
Di Bali, azolla biasa dan sering dijumpai terapung di perairan sawah dan kolam ikan. Karena dianggap gulma, para petani lantas menyingkirkannya. Ditumpuk dan dibuang begitu saja. Padahal, bila dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman padi di sawah, azolla ini bisa menekan penggunaan pupuk urea sampai 65 Kg/ha.

Pengganti Urea

Pemanfaatan azolla sebagai pupuk ini memang memungkinkan. Pasalnya, bila dihitung dari berat keringnya dalam bentuk kompos (azolla kering) mengandung unsur Nitrogen (N) 3 - 5 persen, Phosphor (P) 0,5 - 0,9 persen dan Kalium (K) 2 - 4,5 persen. Sedangkan hara mikronya berupa Calsium (Ca) 0,4 - 1 persen, Magnesium (Mg) 0,5 - 0,6 persen, Ferum (Fe) 0,06 - 0,26 persen dan Mangaan (Mn) 0,11 - 0,16 persen.
Berdasarkan komposisi kimia tersebut, bila digunakan untuk pupuk mempertahankan kesuburan tanah, setiap hektar areal memerlukan azolla sejumlah 20 ton dalam bentuk segar, atau 6-7 ton berupa kompos (kadar air 15 persen) atau sekitar 1 ton dalam keadaan kering. Bila azolla diberikan secara rutin setiap musim tanam, maka suatu saat tanah itu tidak memerlukan pupuk buatan lagi.

Hal itu dimungkinkan, karena pada penebaran pertama 1/4 bagian unsur yang dikandung azolla langsung dimanfaatkan oleh tanah. Seperempat bagian ini, setara dengan 65 Kg pupuk Urea. Pada musim tanam ke-2 dan ke-3, azolla mensubstitusikan 1/4 - 1/3 dosis pemupukan.
Dibanding pupuk buatan, azolla memang lebih ramah lingkungan. Cara kerjanya juga istimewa, karena azolla mampu mengikat Nitrogen langsung dari udara.
Untuk media tanam

Penggunaan sebagai pupuk, selain dalam bentuk segar, bisa juga dalam bentuk kering dan kompos. Dalam bentuk kompos ini, azolla juga baik untuk media tanam aneka jenis tanaman hias mulai dari bonsai, suplir, kaktus sampai mawar. Untuk media tanaman hias, selain digunakan secara langsung, kompos azolla ini juga bisa dengan pasir dan tanah kebun dengan perbandingan 3 : 1 : 1.

Untuk membuat kompos azolla, caranya cukup mudah. Buat saja lubang ukuran (P x L x D) 3 x 2 x 2 meter. Kemudian azolla segar dimasukkan ke dalam lubang. Seminggu kemudian azolla dibongkar. Untuk mengurangi kadar air menjadi 15 persen, azolla yang sudah terfermentasi tersebut lantas dijemur. Setelah agak kering, baru dikemas dalam kantong plastik atau langsung digunakan sebagai media tanam.

Pakan ternak dan ikan

Selain untuk pupuk dan media tanam, azolla juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, khususnya itik dan beragam jenis ikan omnivora dan herbivora. Sebagai pakan ternak, kandungan gizi azolla cukup menjanjikan. Kandungan protein misalnya, mencapai 31,25 persen, lemak 7,5 persen, karbohidrat 6,5 persen, gula terlarut 3,5 persen dan serat kasar 13 persen.
Bila digunakan untuk pakan itik, penggunaan azolla segar yang masih muda (umur 2 - 3 minggu) dicampur dengan ransum pakan itik. Berdasarkan hasil penelitian, campuran azolla 15 persen ke dalam ransum ini, terbukti tidak berpengaruh buruk pada itik. Maksudnya, itik tetap menyantap pakan campuran azolla ini dengan lahapnya. Produksi telur, berat telur dan konversi pakan juga tetap normal. Ini bearti penggunaan azolla bisa menekan 15 persen biaya pembelian pakan itik. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan peternak karena bisa mengurangi biaya pembelian pakan itik.

Sama seperti untuk itik, bila akan dimanfaatkan untuk pakan ikan, azolla bisa diberikan secara langsung dalam keadaan segar. Boleh juga dengan mengolahnya terlebih dulu menjadi tepung. Tepung azolla ini, selanjutnya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat pakan buatan (pelet) untuk ikan.

Berdasarkan kaji terap di lapangan, dalam keadaan segar azolla bisa diberikan untuk pakan ikan gurami, tawes, nila dan karper. Dengan pemberian pakan berupa azolla, terbukti ikan tetap bisa tumbuh pesat. Tak kalah dengan ikan lainnya yang diberi pakan buatan berupa pelet.Di saat harga pupuk, pakan ternak dan ikan mahal seperti belakangan ini, tak ada salahnya bila azolla ini menjadi salah satu alternatif pilihan yang secara finansial cukup menguntungkan. Baik digunakan sendiri secara langsung atau untuk dibisniskan. Mau coba ? (gus)

66 komentar:

Ray mengatakan...

Hello Bpk Dian,
Interesting info....
Is it possible to aplly in cocoa farms?

Thanks :)
Ray Santos
email: nagacocoa@yahoo.com

SAWAH KITA ORGANIK mengatakan...

tertarik sekali dengan tulisan mengenai tanaman azolla ini, namun bagi saya di kota sukabumi, jawa barat, dimanakah saya dapat memperoleh bibit azolla??

terima ksh infomya

randz mengatakan...

Hallo Bpk Dian,
Saya mahasiswa ilmu pangan diSemarang..
Saya sangat tertarik dengan tulisan bapak tentang azolla, untuk membudidayakan tanaman ini.. Dimanakah saya bisa mendapat bibit azolla? Kalau diijinkan, bolehkah kalau ada waktu saya berbagi wacana dengan bapak?

Terima kasih pak
Randy
randy_wijaya_cool@yahoo.co.id

Berman mengatakan...

Salam kenal Bpk Dian,

Saya sangat tertarik dengan tulisan ini. Saya mau melakukan penelitian tentang kompos Azolla. Kalau bisa saya tau adakah pupuk kompos ini dijual langsung tanpa proses pembuatannya, agar tidak terlalu lama penelitiannya?

Terima kasih pak

Gold-azoLLa mengatakan...

butuh bibit? http://gold-azolla.blogspot.com

Sugiana mengatakan...

Bagaimana kami dapat memperoleh bibit Azolla yang dikembangkan ini? Di mana kami dapat memperolehnya?
Trima kasih sebelumnya.

riyana sofyan mengatakan...

Ass. Pak,
Saya mau beli bibit azolla. Ini no. Telp. saya 0813 149 45678

Akhilesh kumar mengatakan...

First of all thanx for nice article.I am Akhilesh an agriculture graduate and at present persuing master in Social Entrepreneurship at Tata Institute of Social Sciences,Mumbai.
I have also done three month pilot project successfully on "azolla as cattle feed" in village Milki, Post-Paliganj,district Patna,Bihar,India. Now this small technology is the boon of dairy and poutry farmer. By adpting this azolla as cattle feed farmers save the cost of feed and also increse the quantity and quality of Milk and eggs also.


if any more information then please write to me :
akhilesh.tiss@gmail.com

hendrik.hutabarat@yahoo.com mengatakan...

Salam kenal pak, saya hendrik di medan-sumatera utara-indonesia, saya ingin tahu, dimanakah alamat penjual azolla di medan ? bagi yang tahu, mohon di informasikan ke emal : hendrik.hutabarat@yahoo.com atau sms ke hp no. +6285262020304 terima kasih.

qii romadhoni mengatakan...

asalamualaikum...
sya ingn bertanya, bagaimana bila azzola dengan jumlah tertentu ditambahkan kedalam makanan yg dikonsumsi manusia. apa efeknya...?
karna sya lihat bahwa azzola mengandung mengandung unsur Phosphor, serta Calsium dan Magnesium walaupun dalam jumlah sedikit....!

Anonim mengatakan...

mengapa azolla pinnata sangat berguna sebagai pupuk organik ??

Sang Pengembara mengatakan...

saya agak ragu dengan nama spesiesnya. setahu saya jenis azolla yang ada di gambar seperti diatas itu adalah a.pinnata, bukan Azolla microphylla...
maaf kalo saya salah mohon koreksinya.

hendra echa mengatakan...

numpang tanya gan. apakah smua azolla yg ada diatas perairan sawah khasiatnya sama..?soalnya saya bingung melihat photo yg ada sama survey sendiri dilapangan sepertinya bentuk pisiknya berbeda.trimakasih

Anonim mengatakan...

saya juga punya pertanyaan yg sama dgn saudara hendra echa,mohon jawabannya pak..

Anonim mengatakan...

apakah tanaman ini yang hidup dirawa-rawa?

Bibit Azolla Microphylla mengatakan...

Saya di Medan menyediakan bibit azolla microphylla untuk didistribusikan ke seluruh daerah nusantara. Saat ini saya mengembangkan azolla microphylla di kolam tanah dengan ukuran 3 x 10 sebanyak 4 kolam. Bagi yang butuh bibit azolla microphylla bisa mengunjungi http://bibitazolla.blogspot.com/

Bibit Azolla Gambiran mengatakan...

bagi yg membutuhkan bibit azolla, insyaallah kami bs bantu.. hub. o857 1790 7467, 0823 3234 8282

Tuban kita mengatakan...

Pak, kira-kira di indonesia apa di perjual belikan?...

udin xander mengatakan...

PAK, bagaimana cara pembuatan tepung azolla,..?
jika seandainya di jemur kering,apakah nilai proteinya berkurang., & bagaimana cara pengolahannya yang benar.
trmkasih.

Aliananta mengatakan...

Buat yang butuh AZOLLA/BIBIT AZOLLA di Semarang. Silahkan hubungi nomer 085 727 85 6644..

Unknown mengatakan...

azolla microphylla...pakan alami berprotein tinggi untuk lele dan binatang ternak lainya,juga berguna sebagai pupuk tanaman.bagi anda yang membutuhkan azolla,kami menyediakan bibit azolla, hub 085264608009.

Unknown mengatakan...

http://www.kaskus.co.id/profile/viewallposts/1825155

Anonim mengatakan...

Untuk daerah Samarinda bisa beli bibit di mana?

David Zac mengatakan...

JUAL BIBIT AZOLLA 500 20rb belum ongkir.. Jawa timur Madiun, siap seluruh Indonesia, 08993348711
Harga siap nego untuk pembelian khusus...

Dein mengatakan...

Untuk pembelian tanaman azolla secara online anda dapat mengunjungi website kami www.kebunbibit.com

petabisnisriau mengatakan...

BAGI YANG BUTUH AZZOLLA BS HUB SY 085330005930 atau klik www.mahakam.biz

David Zac mengatakan...

SEDIA AZOLLA,
Sebagai pakan ternak alternatif juga pupuk untuk sawah dan ladang...
Harga = Rp. 20.000 per paket(belum Bea Kirim)
Siap KIRIM SELURUH INDONESIA dan siap COD daerah MADIUN dan SEKITARNYA...
Minat serius? HUB 08993348711
Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

syanur mengatakan...

Penemuan yg luar biasa, azolla mudah dibudidayakan serta ramah lingkungan. Sukses utk para petani Dan peternak Indonesia.

Unknown mengatakan...

Bagaimana melakukan ekspor? Apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan
sebelum melakukan ekspor? Barang apa saja yang dilarang ekspornya? Bagaimana
dengan barang yang diawasi ekspornya? Semua pertanyaan ini dan berbagai
pertanyaan lainnya terjawab dengan tuntas dalam ebook bermutu ini. Sangat
penting sebagai pegangan bagi Anda yang ingin mencoba memulai ekspor.

Dapatkan di sini: http://agrodirektori.com/?id=edlith

Anonim mengatakan...

siapa yg mau azolla atau kiambang saya ada stok ratusan ton,,serius hub 085363422666

Bibit Azolla Medan mengatakan...

Saya menyediakan bibit azolla microphylla untuk diperbanyak. Untuk pemesanan silakan hub 082163282859. Bibit berada di Medan dan kami siap kirim ke luar kota via bus ataupun titipan kilat.
http://bibitazolla.blogspot.com/p/pemesanan-bibit-azolla-microphylla.html

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya pak
saya sebagai mahasiswa mau berwirausaha untuk membantu kebutuhan kuliah saya,saya mempunyai lahan untuk budi daya,apakah azolla yg ada d sawah petani bisa d jadikan bibit untuk azolla yang akan saya budidayakan?
terimakasih

ackirsite mengatakan...

beli azoola di surabaya dmn ? butuh untuk pembibitan.. no hp saya 081234512913

Konstelasi mengatakan...

jual bibit azzola untuk tmbh uang makan kuliah
085853910608

Konstelasi mengatakan...

jual bibit azzola ayo dbeli
harga 45rb
bwt tmbh uang jajan kuliah
085853910608

Konstelasi mengatakan...

jual bibit azzola 085853910608

David Zac mengatakan...

SEDIA AZOLLA,
Sebagai pakan ternak alternatif juga pupuk untuk sawah dan ladang...
Harga = Rp. 25.000 per paket(belum Bea Kirim)
Siap KIRIM SELURUH INDONESIA dan siap COD daerah Sidoarjo-Surabaya dan SEKITARNYA...
Minat serius? HUB 08993348711
Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

Anonim mengatakan...

Jual Bibit Azolla Murah, Perkilogram Hanya 25.000 Rupiah. Siap Kirim Se Indonesia Via JNE. Call/ SMS ke 081272221208.

Unknown mengatakan...

Kami pembudidaya dan penjual bibit azolla,melayani pemesan dari seluruh kota di indonesia.kami mnjual bibit azolla kualitas terbaik,harga 25ribu order 4 pack gratis 1pack.garansi keamanan pengiriman untuk pemesanan dari daerah JABODETABEK.
Info dan order by phone/sms/WA (085264608009)
Bbm pin 7487E3F7

Unknown mengatakan...

Kami pembudidaya dan penjual bibit azolla,melayani pemesan dari seluruh kota di indonesia.kami mnjual bibit azolla kualitas terbaik,harga 25ribu order 4 pack gratis 1pack.garansi keamanan pengiriman untuk pemesanan dari daerah JABODETABEK.
Info dan order by phone/sms/WA (085264608009)
Bbm pin 7487E3F7

Wisata lembang now obvit cimahi mengatakan...

sedia azolla bandung khusus nya jawa barat

kegunaan azolla :
- penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
- pakan alternatif alami ikan gurame, nila dll / lele sbg sumber serat
- pakan alternatif ayam, bebek, entog
- pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit apalagi

kemarau
- bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
- sebagai pengurai limbah dan tanaman lahan kritis berair misal : bekas galian, air TPA sampah
- kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

salam hijau dan kembalikan tanah air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 089636503911 (asli bandung)

Unknown mengatakan...

kalau untuk manusia gimana,contoh orang pinggiran yg tidak bisa membeli makanan yg bergizi

Wisata lembang now obvit cimahi mengatakan...

sedia bibit azolla bandung - jawa barat pengiriman seluruh NKRI
WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 0896 3650 3911
ketik di google : jual azolla bandung utk lebih jelas nya..

kegunaan azolla :
- penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
- pakan alternatif alami ikan gurame, nila , mas, koi, lele, belut, patin dll
- pakan alternatif ayam pedaging + petelur, bebek, entog, ayam adu
- pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit /kemarau
- bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
- sebagai pengurai air limbah dan lahan kritis berair misal : bekas galian c, air TPA sampah, kolam pemancingan
- penstabil keasaman air / PH terutama kolam terpal, bak semen, toren cor tebar padat
- kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

salam hijau dan kembalikan tanah & air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

Unknown mengatakan...

Yg jual kompos azolla dimana ya

Unknown mengatakan...

Mohon ijin berbagi, kami SQF Prokimal menyediakan bibit Azolla, berminat hubungi via sms atau WA ke 082185555575 diberikan pendampingan.

Unknown mengatakan...

Rumah Pakan menyediakan bibit Azolla 70 ribu/ kg. Pengiriman dari Bandung, Jawa Barat.
sms ke 089686412142
Email inforumahpakan@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mohon ijin berbagi kami SQF Prokimal menyediakan:
1.Bibit Azolla untuk pakan ternak.
2.Obat lalat tabur kemasan sederhana sehingga harga lebih murah namum hasil tetap efektif.
3.Resep membuat obat lalat sendiri.
Berminat hubungi via sms atau WA ke 082185555575 diberikan pendampingan.

Wisata lembang now obvit cimahi mengatakan...

UNTUK PEMESANAN / SUSAH MENCARI BIBIT AZOLLA DISEKITAR ANDA..
hubungi : sofI yan azolla bandung
sms - telp / what apps : 0896 3650 3911

http://azollabandung.blogspot.com

stok 20kg / minggu monggo di order..

moondink bugger mengatakan...

Yang benar itu mucropilia atau pinata?

Anonim mengatakan...

Susah nyari azolla disekitar anda..
Kami siap membantu, sedia bibit azolla microphylla per kg
Hub : 0896 3650 3911
http://azollabandung.blogspot.com

bayu mengatakan...

Mau tau info Azolla Microphylla lebih detail ?

Azolla merupakan tanaman dari jenis kelompok paku-pakuan, yang sangat bermanfaat dalam dunia pertanian dan perternakan. Telah digunakan di banyak negara seperti Jepang sebagai pengganti pupuk pada padi dan India sebagai pangan buat sapi. Azolla sendiri bermanfaat juga digunakan sebagai pakan ikan lele, gurame, patin, nila, dll. serta ayam, kelinci, bebek, kambing, sapi, kerbau, dsb.. karena kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi dengan pakan-pakan konvensional seperti pelet buatan.

kami disini sebagai pembibit Azolla, menyaranakan bagi para petani maupun peternak untuk mulai menggunakan azolla sebagai pupuk dan pakan alternatif. semua itu diKarenakan GRATIS! anda bisa mengembangkan Azolla anda sendiri di rumah dan pekarangan anda. Saya juga akan memberikan info-info bagi anda dalam hal menggunakan Azolla ini seperti, mengembangbiakkannya, mengubahnya menjadi pelet (membuat pelet pakan sendiri dengan mudah), sampai cara pemberian sebagai pakan alternatif.

kami juga tidak melarang apabila anda ingin berjualan bibit azolla seperti kami, karena visi saya adalah Indonesia Hijau dan Maju karena banyak pembudidaya mulai terhimpit masalah pakan yang semakin melonjak harganya.


* Perikanan: Efisiensi pakan ikan pabrikan hingga 30% dengan tingkat pertumbuhan yang sama.
* Perternakan: Sebagai pengganti hijauan rumput untuk pakan ternak, terutama pada saat musim kemarau rumput sulit didapatkan.
* Pertanian: Sebagai pupuk organik yang dapat menggantikan pupuk urea dengan tingkat hasil yang lebih bagus.


NB: Azolla yang kami budidayakan berdaun tebal dan masih bertahan hidup dalam perjalanan/pengiriman 3 hari..
Tolong dipastikan expedisi yg anda pilih dan estimasi pengirimannya.

terimakasih.

info pemesanan Bayu : 082378483036

nanangri mengatakan...

wah ini nih, makasih kang pencerahannya.

TOGEL SONGAPURA mengatakan...

SAYA IBU SRI HASTUTI DARI MEDAN,
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KI LANTORO DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KI LANTORO DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI LANTORO…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI LANTORO<=…
>>>082-310-352-761<<<

Unknown mengatakan...

kami menyediakan bibit azolla dengan harga murah dan tentu saja terjangkau, harga perkilo hanya 25 ribu.. siap kirim keluar kota dengan ekspedisi seperti jne, tiki, j & T, ekspedisi bus damri dan ALS. biaya ditanggung pembeli

bayu : 082378483036

Unknown mengatakan...

Azzola M. Solusi terbaik mengatasi harga pakan ternak, mari kita mulai memanfaatkan azola bersama, karena bangsa rakyat petani kita dipermainkan terus oleh pakan produk pabrikan..
Saya juga akan memulai...

Unknown mengatakan...

Azzola merupakan tanaman multiguna,yang kaya manfaatnya daripada tanaman lain serta banyak menguntungkan bagi ekosistem lingkungan,buat yang memerlukan untuk dibudidayakan atau kebutuhan pasokan dalam jumlah yg cukup banyak kami menyediakan penjualan untuk seluruh wilayah Nusantara.

Alamat kami berada di wilayah Jabar Selatan dengan no kontak 081320140274 bisa menghubungi lewat sms/WA/tlpn.

Unknown mengatakan...

Azzola merupakan tanaman multiguna,yang kaya manfaatnya daripada tanaman lain serta banyak menguntungkan bagi ekosistem lingkungan,buat yang memerlukan untuk dibudidayakan atau kebutuhan pasokan dalam jumlah yg cukup banyak kami menyediakan penjualan untuk seluruh wilayah Nusantara.

Alamat kami berada di wilayah Jabar Selatan dengan no kontak 081320140274 bisa menghubungi lewat sms/WA/tlpn.

teddyoctavin mengatakan...

Numpang share yah gan.
Jual azolla filicuoliades segar maupun kering. Stok banyak. Harga Rp 7.000/kg (tidak termasuk ongkir). Pemesanan dan keterangan lebih lanjut hubungi 08159054123.
Cek di toped Toko Sumber Nutrisi

Anonim mengatakan...

Sedia bibit Azolla Microphilla ataupun azolla pinata. Info pemesanan
085311290952

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Damainesia mengatakan...

Tanaman azola sangat mudah dibudidayakan dan sangat menguntungkan di pasaran nya. Karena banyak fungsi dan manfaat.

Tulus Sinaga mengatakan...

Di daerah Bali ada yang jual bibit nya nggak Bapak ibu . ? Kalau ada boleh di tawarkan ke saya. Tulus Sinaga. 0813 6559 8092. Lokasi terjangkau Tabanan,Bangli,Badung, Denpasar,Gianyar Terimakasih

Ilhamteguh mengatakan...

Terima kasih banyak atas informasi yang telah disampaikan. Sangat membantu sekali

lady mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Anonim mengatakan...

Sedia Bibit Azolla Microphilla dan Siap Di antar ke SELURUH NUSANTARA. Info pemesanan
085786487314

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)